Senin, 11 Agustus 2008

Jaringan Telepon Kabel


Jaringan telepon kabel (wireline) atau biasa disebut Public Switched Telephone Network (PSTN), merupakan jaringan telekomunikasi yang pertama kali dan masih digunakan sampai saat ini. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat saat ini seolah teknologi ini ketinggalan jaman, hal ini bisa terlihat dari perkembangan jaringan tanpa kabel (wireless) yang jauh melebihi wireline.
Perkembangan teknologi ICT (Information Communication Technology) sangat membutuhkan bandwidth yang besar (broadband) untuk mentransmisikan suara, data berupa gambar bahkan video. Untuk memenuhi kebutuhan bandwidth yang besar tersebut maka jaringan kabel mempunyai kemampuan yang lebih baik dalam mentransmisikan bandwaith yang besar dibandingkan dengan jaringan wireless. Tetapi kenapa saat ini jaringan kabel belum bisa digunakan untuk hubungan video? Hal ini dikarenakan jaringan kabel yang ada belum dioptimalkan.
Salah satu teknologi yang mememungkinkan untuk mengoptimalkan adalah Teknologi asimmetryc digital subscriber line (ADSL). ADSL merupakan teknologi akses pada jaringan telepon yang dapat memberikan layanan telepon, akses internet dan layanan data lainnya dengan kecepatan tinggi. ADSL memberikan solusi bagi jaringan telepon analog dalam memenuhi kebutuhan pelanggan untuk dapat mengakses internet kecepatan tinggi.
Dengan ADSL ini, pelanggan dapat melakukan akses internet (data) dan suara pada saat yang bersamaan tanpa saling mengganggu. Selain itu, satu line telepon dapat dihubungkan ke jaringan komputer lokal (LAN) pelanggan, sehingga akses internet dapat dilakukan oleh beberapa komputer sekaligus dalam satu LAN.
ADSL (Asymemmetric Digital Subcriber Line) adalah suatu modem seperti yang biasa kita gunakan sebagai “dialup connection” saat ber-internet, jadi bukan merupakan sebuah sistem sambungan atau jaringan. Karena sebuah modem maka ADSL berfungsi untuk menghubungkan antar komputer dengan kabel telepon dan menunjang agar jalur telepon yang tadinya hanya dapat mengirimkan sinyal analog menjadi dapat mengirimkan sinyal digital. Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses Internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).
Pada modem terdapat rangkaian pengirim dan penerima yang satu sama lain terpisah. Baik sinyal dari rangkaian pengirim maupun sinyal dari rangkaian penerima menggunakan sepasang saluran telepon yang sama. Modem tidak hanya disisi pelanggan (User) saja tetapi juga disisi sentral ISP (Internet Service Provider) juga ada modemnya.
DSLAM (digital subscriber line acces multiplexer) ini adalah kumpulan modem-modem ADSL dari setiap ISP (Internet Service Provider). Antara ISP yang satu dengan yang lain memiliki modem-modem ADSL yang berlainan pula. Modem ADSL yang digunakan oleh user haruslah sama dengan yang digunakan ISP-nya. Sinyal-sinyal data dari DSLAM selanjutnya dilewatkan ke router untuk diteruskan ke router yang ada di ISP.

PT. Telkom sebagai satu-satunya operator yang mempunyai jaringan kabel telah mempunyai produk teknologi yang berbasis ADSL ini dengan brand SPEEDY. Speedy adalah produk Layanan Internet access end-to-end dari PT. TELKOM dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server).

Jaringan Telepon Kabel mempunyai potensi yang luar biasa besar karena bila ditambahkan modem maka akan bisa menyalurkan informasi broadband, bahkan kecepatannya bisa sampai puluhan Mbps.

Tidak ada komentar: